Pertemuan lmiah Berkala Tahap I Tahun 2018

Balai Litbang Kelas I Banjarnegara, pada tanggal 16 Maret 2018 telah melaksanakan kegiatan PIB (Pertemuan Ilmiah Berkala) dengan mengundang narasumber Dr. dr Trihono, M.Sc. Beliau adalah Doktor di bidang Ilmu Kesehatan Masyarakat dan sekarang menjabat sebagai Ketua MTKI (Majelis Tenaga Kesehatan Indonesia) sekaligus Konsultan Health Policy Unit Setjen Kemkes. PIB kali ini bertema pengembangan Balai Litbang P2B2 Banjarnegara menghadapi peningkatan kelembagaan menjadi Balai Penelitian dan Pengembangan Kelas I Banjarnegara berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 65 Tahun 2017 tentang Organisasi dan Tata Kerja Unit Pelaksana Teknis di Lingkungan Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan yang ditetapkan pada tanggal 29 Desember 2017.
Kegiatan diawali sambutan dan arahan serta penyampaian profil Balai Litbang P2B2 Banjarnegara oleh Kepala Balai yaitu Bapak Jastal, SKM, M.Si yang mengemukakan tujuan PIB kali ini adalah :
1. Menyusun rencana aksi kegiatan Balai Litbangkes Kelas 1 Banjarnegara tahun 2020-2024.
2. Sebagai sarana ilmiah dalam tukar menukar informasi dalam pengembangan pelaksanaan tugas dan fungsi Balai.
3. Bahan masukan untuk penyusunan RAK, Road Map Balai
4. Bahan masukan untuk pengembangan SDM dan sarana prasarana jejaring.
Kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Dr. dr Trihono, M.Sc.
Sesi diskusi berjalan dengan menarik, banyak pertanyaan yang dilontarkan peneliti terkait peningkatan peran kelembagaan. Menilik banyaknya peneliti yang masih berusia muda maka diharapkan akan lebih mudah bagi peneliti untuk mempelajari keahlian baru diluar penyakit zoonosis. Saran beliau dengan tupoksi yang baru ruang lingkup penelitian di utamakan pada program prioritas seperti PISPK (Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga) yang didukung oleh GERMAS (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat) dan Program JKN (Jaminan Kesehatan Nasional) dengan beragam keberhasilan dan kekurangannya.

Print Friendly, PDF & Email
Please follow and like us:

Enjoy this blog? Please spread the word :)